Tuesday, September 26, 2006

JOHN WESLEY, Bagaimana Ia Bisa Menjadi Berkat Bagi Dunia?

John Wesley adalah seorang penginjil berbangsa Inggris, seorang teolog dan salah satu pendiri Gereja Methodist. Ia hidup antara tahun 1703-1791.
John Wesley rata-rata menyampaikan tiga khotbah per hari selama 44 tahun yang berarti ia berkhotbah lebih dari 44.000 kali. Hal ini dilakukannya dengan berkeliling sejauh 322.000 km, atau 8.000 km setahunnya, dengan menunggang kuda dan sebuah kereta yang ditarik di belakang kuda.

Ia telah menulis 4 jilid komentar atas keseluruhan Alkitab; kamus bahasa Inggris; 5 jilid buku filsafat umum; 4 jilid buku sejarah gereja; kisah-kisah sejarah Inggris dan Roma; tata bahasa Ibrani, Latin, Yunani, Perancis dan Inggris; 3 buku tentang pengobatan; 6 buku tentang musik gereja; 7 buku kumpulan khotbah dan kertas kerja yang kontroversial. Dia juga mengedit perpustakaan 50 buku yang dikenal sebagai “Perpustakaan Kristen”.

Hidupnya sebagian terbesar adalah untuk pekerjaan penggembalaan. Dia bangun jam 4 pagi, dan bekerja penuh hingga jam 10 malam, hanya dengan sedikit waktu untuk makan. Di dalam kesibukannya seperti ini, ia masih bisa berkata, “Saya mempunyai jam pensiun yang lebih banyak dari orang-orang yang ada di seluruh Inggris.”
John Wesley menelusuri seluruh daerah pinggiran kota Inggris selama paruh terakhir abad 18, jiwanya tersentuh oleh kemiskinan, kejenuhan dan buruknya kehidupan di pedesaan. Suatu hari ia punya ide untuk membagikan bibit kembang kepada ibu-ibu rumah tangga, dan menawarkan hadiah bagi mereka yang membuat kebun bunga yang terindah. Hasilnya adalah sekarang ini pedesaan di Inggris menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai desa yang penuh dengan kembang warna-warni. Hanya satu orang, satu tangan, telah mengubah kehidupan pedesaan yang payah dari satu negara!
Pada usia 83 tahun, dia kecewa karena mendapatkan dirinya tidak lagi bisa menulis selama 15 jam sehari tanpa menyakiti matanya; pada umur 86 tahun dia malu mengakui bahwa dia sudah tidak mampu lagi berkhotbah dua kali sehari. Pada usia 86 tahun, dia berkhotbah hampir di seluruh pelosok Inggris dan Wales, dan sering bepergian 48 hingga 80 km seharinya.

Seorang ibu bertanya kepada John Wesley, seandainya ia tahu bahwa ia akan mati jam 12 tengah malam besok, apa yang akan ia lakukan selamawaktu yang masih tersisa. Dia menjawab, “Mengapa Ibu, aku akan me-ngisi waktuku seperti apa yang telah aku lakukan sekarang. Aku akan berkhotbah petang ini di Gloucester, dan besoknya jam 5 pagi; setelah itu saya akan pergi ke Tewkesbury, berkhotbah di sore harinya, dan bertemu dengan jemaat pada malam harinya. Aku kemudian akan per-gi ke rumah Pdt. Martin, yang akan menjamu saya, ngobrol dan berdoa bersama dengan keluarganya seperti biasanya, dan istirahat di kamar saya seperti biasanya jam 10, menyerahkan diri saya kepada Bapa sorgawi, tidur dan beristirahat, dan bangun dalam kemuliaanNya.”
Pada ulang tahunnya yang ke-85, John Wesley menulis di buku hariannya:
“Saya merasakan penurunan dalam ingatan saya, khususnya tentang nama2 dan hal2 yang baru saja terjadi, tetapi tidak sama se-kali untuk apa yang telah saya baca 20, 40, atau 60 tahun yang lalu. Juga saya tidak merasakan keletihan di dalam perjalanan dan ber-khotbah. Kepada penyebab manakah dapat saya hubungkan semua hal ini? Pertama, kuasa Allah, yang memampukan saya bekerja untuk panggilan saya; dan kemudian, doa-doa dari anak-anakNya. Lalu, tidakkah saya dapat menghubungkannya dengan hal-hal yang nam-paknya tidak berarti seperti:
1. Olahragaku yang teratur dan juga perubahan udara;
2. Saya tidak pernah kehilangan tidur malam, baik waktu sakit maupun saat sehat, baik ketika berada di darat, maupun di laut;
3. Tidurku ketika diperintahkan, baik siang maupun malam;
4. Bangun tidurku yang tetap jam 4 pagi selama kira2 60 tahun;
5. Khotbahku yg tetap pada jam 5 pagi selama lebih dari 50 tahun;
6. Dan sedikitnya rasa sakitku, ketakutanku, serta kecemasanku akan kehidupan ini.”

John Wesley mempunyai aturannya untuk hidup ini:
Lakukan semua yang baik yang dapat engkau lakukan,
Dengan alat apapun yang dapat engkau lakukan,
Dengan cara apapun yang dapat engkau lakukan,
Di manapun dapat engkau lakukan,
Pada setiap waktu yang dapat engkau lakukan,
Kepada semua orang yang dapat engkau lakukan,
Selama engkau masih dapat melakukannya.

No comments: