Monday, October 12, 2009

Pempek Lenjer


Cara Membuat Pempek Lenjer dan Pempek Kapal Selam
Bahan :
250 gram ikan tenggiri (daging nya saja) giling 2 kali supaya daging halus.250 ml air dingin750 gram tepung sagu (sebaik nya sagu cap tani)2,5 sdm garam larutkan di air1 sdm kecap ikanvetsin kalau suka5 telor ayam (sesuai selera untuk kapal selam)
Bahan cuka pempek:
250 gram gula merah1 liter air4 bawang putih haluskan5 cabe rawit hijau haluskan1 ibu jari asam jawagaram & vetsin1 sdm tongcai (optional)
Cara bikin:
1. Campur ikan yang sudah digiling + air + garam + kecap ikan, aduk rata sampai air bener-bener menyatu dengan ikan.
2. Didihkan air yang banyak dalam panci besar, untuk merebus pempek.
3. Masukan + 400 gram tepung sagu ke adonan ikan, jangan terlalu di ulen aduk dengan jari tangan saja. Terlalu banyak di ulen mengakibatkan pemakaian sagu lebih banyak dan pempek jadi keras.
4. Sisa tepung sagu digunakan untuk bedak-in telapak tangan supaya adonan tidak lengket.
5. Untuk pempek lenjer, ambil adonan kurang lebih 200 gram (ukuran sesuai selera), lalu bikin bentuk silinder panjang, lalu masukan ke air yang sudah mendidih.
6. Untuk pempek kapal selam, buka telor dan masukan kedalam gelas. Lalu ambil adonan segenggam, ratakan permukaanya, lalu bikin lubang tengah nya dengan jari yang sudah di bedak-in. Setelah itu tuangkan telor, tutup lalu masukan ke air yang sudah mendidih.
7. Biarkan pempek sampai mengapung yang berarti sudah mateng! Lalu angkat dan tiriskan.
8. Untuk penyajian, bisa tanpa digoreng atau digoreng terlebih dahulu, lalu diberi taburan ebi, irisan timun dan kuah cuka.
Untuk kuah cuka:
Larutkan gula merah dengan air sampe larut semua dengan api kecil, lalu masukan cabe dan bawang putih yang sudah dihaluskan, asam jawa, garam dan tongcai. Biarkan mendidih sebentar lalu matikan. Kuah cuka sebaik nya dibikin 1 hari sebelum penyajian.
(liza22.blogspot.com/.../pempek-lenjer-dan-kapal-selam.html)

Selain pempeknya, berikut ini ada juga lagunya. Lagu ini asli palembang tentang pempek. Judulnya Pempek Lenjer. Bagi teman-teman yang memang besar di kota Wong Kito. Pasti inget dengan lagu ini. Nah untuk mengobati kerinduan teman-teman sekaligus melestarikan lagu daerah ini, berikut kami posting lagu ini. Bagi teman-teman yang tahu bahasa palembang, lagu ini cukup lucu lho syairnya. he... he.. selamat menikmati santapan lagu pempek lenjer ini. nyammm.. nyamm… Pempek Palembang, memang yahudd…

http://www.youtube.com/watch?v=Go4zoFkKBjE

No comments: