Friday, January 30, 2009

IMLEK DI GMI BETHLEHEM



Perayaan Tahun Baru Imlek 2560 yang jatuh pada tanggal 26 Januari 2009 ditandai dengan ibadah ucapan syukur yang diadakan oleh GMI Bethelehem Palembang. Ibadah ini sudah menjadi agenda rutin GMI Bethlehem setiap Tahun Baru Imlek. Pada kesempatan ibadah ini, firman Tuhan disampaikan oleh Gembala Sidang GMI Bethlehem Pdt. Simon Chandra, yang mengingatkan kita untuk bukan hanya membersihkan rumah menjelang tahun baru, tetapi juga membersihkan hati kita.
Pada kesempatan ibadah Tahun Baru Imlek ini juga ditampilkan koor dari Komisi Usia Indah GMI Bethlehem. Walaupun rata-rata mereka sudah usia "senja", tetapi semangat mereka masih tetap terlihat berapi-api. Sesuai dengan tradisi Imlek, maka pada kesempatan ini dibagikan juga jeruk sebanyak dua buah untuk setiap jemaat. Menurut tradisi Tionghoa pada Tahun Baru Imlek sebaiknya memberikan hadiah berupa jeruk mandarin, sebab jika ditulis secara Hanyu Pinyin adalah Gan. Lafal jeruk mandarin dalam dialek sub-etnis tersebut memiliki bunyi yg sama dengan lafal emas, yang jika ditulis secara Hanyu Pinyin adalah Jin. Jadi memberikan jeruk mandarin diibaratkan memberikan emas. Lebih baik lagi memberikan jeruk yang masih ada daunnya yang melambangkan agar emas ini bisa tumbuh terus. Dan sebanyak dua buah karena terdapat sebuah pepatah Tionghoa terkenal yang berbunyi "Hao Shi Cheng Shuang", yang secara harafiah dapat diartikan "Semua yg baik harus datang secara berpasangan". Akan tetapi sebagai orang Kristen kita tentu saja percaya bahwa berkat atau "rezeki" itu bukan datang dari "jeruk", tetapi datang dari Tuhan.

Tidak ketinggalan juga ada angpau-nya, tetapi isinya ternyata tidak ada uangnya, melainkan ayat Alkitab. Semoga Tahun Baru Imlek ini membawa sukacita dan kebahagiaan bagi kita semua. Gong Xi Xin Nien.












No comments: